Welcome to BPJS Kesehatan Blog

03 Maret 2015

Primary BPJS Kesehatan Menggunakan PCARE

Diposting oleh Afrizal Anam
Kampanye BPJS Kesehatan Menuju Universal Health Coverage
Sebelum jauh membahas apa itu PCARE, yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah ASKES atau yang biasa disebut Asuranse Kesehatan kini telah berubah menjadi BPJS kesehatan. Dalam primary BPJS kesehatan, terdapat layanan baru yang disebut dengan PCARE. PCARE itu sendiri merupakan kependekan dari Primary Care yaitu suatu pelayanan informasi pasien dengan menggunakan internet dan berbasis komputer.

Dengan adanya PCARE, maka pengolahan dan pengumpulan data pasien bisa menjadi lebih tertata dengan baik. Selain itu, PCARE juga membantu dalam proses pendaftaran calon anggota BPJS yang baru sehingga prosesnya bisa menjadi lebih mudah tanpa harus mengalami hambatan yang berarti.



Dalam proses kegiatan primary BPJS kesehatan itu sendiri, semuanya sudah dilakukan secara modern yaitu menggunakan komputer dan internet, bukan menggunakan buku tulis. Seperti namanya, primary BPJS akan diterapkan pada institusi kesehatan yang paling dasar yaitu puskemas. Dengan perkembangan PCARE yang akan diterapkan di puskesmas, diharapkan bahwa setiap sumber daya manusia bisa menjadi lebih peka terhadap kesehatan. Bukan hanya itu saja, perkembangan teknologi yang ada berhubungan dengan PCARE nantinya akan membantu meningkatkan pola berfikir masyarakat pada kemajuan teknologi terutama komputer dan internet. Meskipun masih terdengar awam bagi setiap masyarakat dan memiliki banyak hambatan, primary BPJS kesehatan akan berusaha sebaiknya dalam membantu proses kesehatan di masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar