Welcome to BPJS Kesehatan Blog

06 Maret 2015

Manfaat BPJS Kesehatan Bagi Peserta

Diposkan oleh Afrizal Anam
Manfaat BPJS Kes Bagi Kesehatan

BPJS kesehatan merupakan badan usaha milik negara yang memberikan jaminan kesehatan bagi warga Indonesia maupun warga asing yang telah menetap selama enam bulan di Indonesia. Dengan menjadi anggota BPJS kesehatan, tentunya banyak manfaat BPJS kesehatan yang bisa Anda dapat. Nah, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapat sebagai anggota BPJS kesehatan.
Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa mendapatkan penyuluhan tentang pola hidup sehat dan cara menghindari berbagai macam penyakit.

Advertisment
Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, manfaat BPJS kesehatan yang bisa berguna untuk Anda adalah pemberian imunisasi secara mendasar bagi anak Anda. Tentunya pemberian imunisasi akan bertujuan untuk menjadi anak-anak Indonesia menjadi sehat.

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan adalah konsultasi tentang keluarga berencana, penggunaan alat kontrasepsi yang benar, dan vasektomi.

BPJS kesehatan juga memberikan check up pada para anggotanya sehingga Anda bisa memahami kondisi tubuh Anda dengan baik. Check up itu sendiri bertujuan untuk mendeteksi adanya penyakit yang mungkin ada di dalam tubuh Anda.

Setiap warga Indonesia juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan sama.
Dengan memahami manfaat BPJS kesehatan diatas, tentunya Anda bisa mengambil kesimpulan tersendiri tentang pentingnya kesehatan dengan menjadi anggota BPJS kesehatan demi masa depan yang cerah.

Read More

05 Maret 2015

Cara Daftar dan Iuran BPJS Kesehatan

Diposkan oleh Afrizal Anam
Cara Daftar dan Iuran BPJS Kesehatan

Bila Anda tertarik untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS, maka yang harus Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran dan iuran BPJS kesehatan setiap bulan. Seperti yang telah Anda tahu, BPJS kesehatan diperuntukkan bukan hanya untuk pegawai negeri sipil dan pensiunan, namun jaminan kesehatan tersebut juga bisa Anda dapatkan sebagai warga Indonesia.

Tentunya dengan mendapatkan jaminan kesehatan, Anda tidak harus khawatir tentang kesehatan ataupun penyakit yang akan menyerang Anda dikemudian hari. Cara daftar BPJS kesehatan sangatlah mudah karena yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir yang telah disediakan di web resmi BPJS kesehatan.

Yang terpenting adalah Anda mengisi identitas diri pada formulir pendaftaran dengan benar sesuai dengan kartur keluarga. Ikutilah setiap panduan yang terdapat pada web resmi pendaftaran BPJS kesehatan secara online tersebut dengan baik.

Advertisment
Kemudian, Anda harus memilih iuran BPJS kesehatan perbulan sesuai dengan yang Anda mampu. Biaya iuran BPJS perbulan dibagi menjadi tiga kelas yaitu dari kelas satu hingga kelas tiga. Biaya yang harus Anda keluarkan juga disesuaikan dengan kemampuan Anda dari 25 ribu hingga 60 ribu. Setelah Anda berhasil mendaftar, kemudian Anda harus melakukan pembayaran iuran BPJS kesehatan tersebut di bank yang sudah ditentukan. Bawa bukti pembayaran dan print formulir pendaftaran tadi, dan serahkan ke kantor BPJS kesehatan terdekat.
Read More

Sistem Pelayanan PCARE BPJS Kesehatan

Diposkan oleh Afrizal Anam
Sistem Pelayanan PCARE BPJS Kesehatan

Askes yang kini telah berubah nama menjadi BPJS kesehatan memang sedang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Tentunya BPJS kesehatan akan memberikan jaminan kesehatan bagi Anda para warga Indonesia terutama Anda yang sudah bekerja. Dalam melakukan kerjanya, PCARE BPJS kesehatan berperan penting dalam melakukan dan pengolahan data para anggotanya. Bila Anda bertanya-tanya mengenai arti dari PCARE dan cara kerjanya, berikut ulasan selengkapnya.

Advertisment
Jadi, PCARE BPJS kesehatan merupakan singkatan dari Primary Care yaitu pelayanan informasi pasien dengan menggunakan internet dan berbasis komputer. Seperti yang telah Anda tahu, BPJS bergerak dalam bidang kesehatan sehingga dibutuhkan sistem yang mampu memproses dan membantu kerja mereka secara efektif. Dengan menggunakan PCARE, maka pengolahan dan pengumpulan data pasien bisa menjadi lebih terordinir dengan baik. Bukan hanya itu saja, PCARE juga turut serta dalam membantu proses pendaftaran para calon anggota BPJS baru sehingga prosesnya bisa menjadi lebih mudah tanpa harus berbelit-belit.

Meskipun PCARE nampak masih sangat asing dan baru, cara ini diharapkan bisa efektif dan membantu dalam proses kerja BPJS kesehatan. Untuk itu, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni yang mampu mendukung pelayanan informasi menggunakan sistem PCARE BPJS kesehatan. Terutama bagi mereka yang bekerja pada lembaga kesehatan seperti puskesmas yang terdapat di setiap kota maupun pelosok desa di Indonesia.
Read More

04 Maret 2015

Pendaftaran BPJS Kesehatan Secara Online dan Offline

Diposkan oleh Afrizal Anam
Pendaftaran BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan merupakan badan usaha milik negara yang memiliki tujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi setiap warga negera Indonesia baik para pekerja yang berada pada institusi pemerintah maupun swasta. Pendaftaran BPJS kesehatan pun dibagi menjadi dua cara yaitu secara online dan secara offline. Untuk mempersingkat waktu Anda dalam mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS kesehatan, maka cara online merupakan cara yang paling efektif. Selain sangatlah mudah, Anda tidak diharuskan mengantri di kantor cabang BPJS terdekat untuk bisa menjadi anggota. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam situr resmi BPJS kemudian mengisi laman formulir yang telah tersedia.

Advertisment
Meskipun pendaftaran BPJS kesehatan secara online bisa dibilang sangatlah mudah, namun tidak ada salahnya bila Anda memilih cara daftar BPJS dengan mendatangi kantor cabang BPJS secara langsung. Dengan mendatangi kantor BPJS kesehatan secara langsung, Anda juga bisa bertanya atau berkonsultasi dengan costumer service tentang masalah BPJS. Tentunya hal tersebut juga akan mempermudah Anda dalam proses pendaftaran sebagai anggota BPJS. Dengan mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS, maka Anda akan mendapatkan jaminan kesehatan secara penuh.

Seperti yang Anda tahu, kesehatan merupakan kenikmatan yang tidak bisa dibeli dengan uang. Jadi, sebaiknya Anda mulailah untuk melakukan pendaftaran BPJS kesehatan mulai dari sekarang baik secara online maupun secara offline.
Read More

Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan Online

Diposkan oleh Afrizal Anam
Cara Mengisi Formulir BPJS Kesehatan Online

BPJS kesehatan akan memberikan jaminan bagi Anda demi mendapatkan kehidupan yang sehat dan lebih baik. Agar bisa menjadi anggota BPJS kesehatan, maka Anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu. Cara mengisi formulir BPJS kesehatan secara online sangatlah mudah dan Anda bisa mulai untuk mendaftarkan diri Anda mulai dari sekarang. Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan :

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan KK (Kartu Keluarga), KTP, alamat email dan nomor handphone yang aktif untuk memproses pendaftaran.

Advertisment
Masuk kedalam web bpjs-kesehatan.go.id, kemudian pilih menu daftar, dan mengisi formulir BPJS kesehatan yang telah tersedia di web resmi tersebut.

Kemudian mengisi formulir identitas diri dari setiap anggota keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga Anda. Diharapkan Anda mengisi identitas diri tersebut secara valid sehingga tidak ada kesalahpahaman dikemudian hari dalam pemberian jaminan kesehatan.

Simpan data yang telah Anda isi tadi, kemudian tunggu konfirmasi dari email. Print data tersebut kemudian Anda bisa langsung menuju kantor BPJS terdekat untuk menyerahkan data tersebut.

Yang harus Anda pahami dalam menyerahkan data tersebut adalah Anda harus menyerahkan data tersebut secara lengkap dan jelas sehingga data akan cepat di proses. Dalam cara mengisi formulir BPJS kesehatan secara online, jangan hilangkan bukti print dan pembayaran iuran Anda.

Read More

BPJS Kesehatan adalah Kunci Kesejahteraan

Diposkan oleh Afrizal Anam
BPJS Kesehatan adalah Kunci Kesejahteraan

BPJS kesehatan adalah badan usaha miliki negara yang memiliki fungsi untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat di Indonesia terutama para pensiunan pegawai negeri sipil, PNS, dan rakyat biasa. BPJS juga memiliki peran yang sangat penting dalam memajukan kesejahteraan Indonesia melalui pola hidup yang sehat. Dengan bantuan BPJS kesehatan, diharapkan bahwa seluruh rakyat Indonesia bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama.

Advertisment
Pelayanan tersebut tentunya bukan hanya untuk penanganan penyakit, namun juga sebagai tempat untuk berlindung dari segala marabahaya. Kerja sama yang terbentuk antara BPJS dengan puskesmas di seluruh Indonesia diharapkan bisa membantu dalam mengatasi segala macam jenis penyakit.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai inti dari BPJS, maka Anda harus lebih memahami tentang asal usul BPJS. Pada mulanya, BPJS kesehatan adalah Askes atau yang biasa disebut Asuransi Kesehatan. Namun mulai tanggal 1 Januari 2014, Askes mulai berubah nama menjadi BPJS kesehatan. Dalam peranannya BPJS kesehatan akan memberikan jaminan kepada setiap pekerja di Indonesia sehingga mereka merasa terjamin kesehatannya. Selain itu BPJS juga akan memberikan jaminan kesehatan bagi setiap warga negara Indonesia yang kuran mampu. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, BPJS kesehatan adalah kunci kesejahteraan bagi setiap warga Indonesia dan akan membawa Indonesia menjadi Indonesia yang lebih baik dari sebelumnya melalui jalur kesehatan.

Read More

03 Maret 2015

Empat Tahap Daftar BPJS Kesehatan Online

Diposkan oleh Afrizal Anam
Empat Tahap Daftar BPJS Kesehatan Online

ASKES yang lebih dikenal dengan sebutan Asuransi Kesehatan kini telah berubah nama menjadi BPJS kesehatan. Perubahan nama tersebut diharapkan akan menjadi semangat baru pada struktur BPJS itu sendiri. Selain itu, perubahan juga terjadi pada cara daftar BPJS kesehatan secara online. Nah, bila Anda penasaran dengan cara daftar BPJS, berikut empat tahap yang harus Anda cermati dengan baik.
  • Klik menu daftar yang ada pada situs resmi daftar BPJS kesehatan secara online. Kemudian centang pilihan yang ada pada ujung bawah kiri form pendaftaran, kemudian klik pendaftaran.

Advertisment

  • Mengisi nomor kartu keluarga dengan benar sesuai dengan jumlah keluarga yang tercantum di dalam KK. BPJS yang terbaru mewajibkan untuk mengisi semua anggota tersebut selengkapnya.
  • Mengisi identitas data peserta anggota BPJS kesehatan yang terbaru secara lengkap dan jelas baik kepala keluarga, istri, dan anak-anak. Kemudian upload foto satu persatu sesuai dengan identitas diri masing-masing anggota keluarga.
  • Mengkonfirmasi alamat email yang Anda gunakan pada saat pendaftaran yang akan digunakan sebagai bukti bahwa Anda telah berhasil menjadi anggota BPJS kesehatan.
Jadi, tadi adalah empat tahap cara daftar BPJS kesehatan secara online yang harus Anda tahu dan pahami dengan baik. Dengan memahami keempat tahapan tersebut, Anda bisa mendaftar BPJS kesehatan dengan mudah tanpa harus mengalami hambatan.
Read More

Cara Mudah Daftar BPJS Kesehatan Online

Diposkan oleh Afrizal Anam
BPJS Kesehatan Online

BPJS kesehatan yang dahulu bernama ASKES tersebut memang sudah lama dikenal sebagai pemberi jaminan kesehatan pada masyarakat kecil. Bila Anda tertarik untuk menjadi anggota BPJS kesehatan, maka Anda harus segera mendaftarkan diri Anda melalui BPJS kesehatan online. Nah, berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk bisa mendaftar secara BPJS kesehatan secara online.

  • Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke dalam situs resmi BPJS kesehatan dan klik menu daftar yang tertera pada halaman awal web. 


  • Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengisi formulir yang ada pada situs resmi BPJS kesehatan online. Yang terpenting adalah Anda harus mengisi nomor kartu keluarga pada kolom yang telah tersedia dengan benar. Khusus untuk pendaftaran BPJS kesehatan yang terbaru, memang diwajibkan bahwa satu KK harus didaftarkan semuanya baik kepala keluarga, anak, dan istri demi bisa mendapatkan jaminan kesehatan yang sama.


  • Ikuti kolom demi kolom yang tersedia dengan berbagai perintah yang sudah tertera. Isi data diri atau identitas Anda dengan lengkap dan benar sehingga data menjadi valid nantinya.


  • Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengupoad foto untuk setiap data diri dan mengkonfirmasi alamat email yang sudah Anda daftarkan tadi.
Advertisment
Jadi, tadi adalah beberapa cara mendaftar BPJS kesehatan online yang harus Anda lakukan demi bisa bergabung menjadi anggota BPJS secara resmi.
Read More

Cara Daftar BPJS Kesehatan 2015 Online

Diposkan oleh Afrizal Anam
Cara Daftar BPJS Kesehatan 2015 Online

Cara daftar BPJS kesehatan 2015 secara online memiliki sedikit perbedaan dari cara mendaftar pada tahun sebelumnya. Tentunya perbedaan tersebut memiliki maksud untuk mempermudah dalam pengelompokan data para anggota BPJS. Meskipun caranya bisa dibilang sedikit ribet daripada cara yang sebelumnya, namun cara yang terbaru terbukti lebih efektif dalam pengelolaan data. Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan dalam pendaftaran BPJS kesehatan 2015 secara online. (baca Syarat Pendaftaran BPJS Kesehatan)


  • Klik menu daftar pada situs resmi BPJS kesehatan yang bisa Anda temukan dengna mudah di internet. Pastikan bahwa situs yang Anda kunjungi adalah situs yang resmi.


Advertisment

  • Kemudian isi nomor kartu keluarga pada kolom yang tersedia dan kemudian isi kode verifikasi yang terdapat pada kolom tersebut. Beri centang sebagai tandai bahwa Anda bersedia.


  • Isi identitas data anggota atau peserta pada kolom selanjutnya. Secara otomatis kolom tersebut akan muncul sesuai dengan jumlah KK yang ada pada setiap keluarga. Berilah alamat dan identitas Anda dengan benar sehingga data yang Anda isi menjadi valid.


  • Upload foto pada setiap identitas yang sudah Anda isi seperti Kepala Keluarga, Istri, dan Anak. Pastikan bahwa foto tersebut diambil dari wajah hingga tubuh.

Tunggu konfirmasi email yang sudah Anda gunakan pada saat pengisian data dan Anda telah berhasil menjadi anggota BPJS Kesehatan 2015.
Read More

Primary BPJS Kesehatan Menggunakan PCARE

Diposkan oleh Afrizal Anam
Sebelum jauh membahas apa itu PCARE, yang harus Anda pahami terlebih dahulu adalah ASKES atau yang biasa disebut Asuranse Kesehatan kini telah berubah menjadi BPJS kesehatan. Dalam primary BPJS kesehatan, terdapat layanan baru yang disebut dengan PCARE. PCARE itu sendiri merupakan kependekan dari Primary Care yaitu suatu pelayanan informasi pasien dengan menggunakan internet dan berbasis komputer.

Dengan adanya PCARE, maka pengolahan dan pengumpulan data pasien bisa menjadi lebih tertata dengan baik. Selain itu, PCARE juga membantu dalam proses pendaftaran calon anggota BPJS yang baru sehingga prosesnya bisa menjadi lebih mudah tanpa harus mengalami hambatan yang berarti.

Advertisment
Dalam proses kegiatan primary BPJS kesehatan itu sendiri, semuanya sudah dilakukan secara modern yaitu menggunakan komputer dan internet, bukan menggunakan buku tulis. Seperti namanya, primary BPJS akan diterapkan pada institusi kesehatan yang paling dasar yaitu puskemas. Dengan perkembangan PCARE yang akan diterapkan di puskesmas, diharapkan bahwa setiap sumber daya manusia bisa menjadi lebih peka terhadap kesehatan. Bukan hanya itu saja, perkembangan teknologi yang ada berhubungan dengan PCARE nantinya akan membantu meningkatkan pola berfikir masyarakat pada kemajuan teknologi terutama komputer dan internet. Meskipun masih terdengar awam bagi setiap masyarakat dan memiliki banyak hambatan, primary BPJS kesehatan akan berusaha sebaiknya dalam membantu proses kesehatan di masyarakat.
Read More